RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Tingkat
Pendidikan : SD Sanata Dharma
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
2.
Memahami jenis pekerjaan dan pengunaan uang
B.
Kompetensi Dasar
2.5 Mengenal
pengunaan uang sesuai dengan kebutuhan
C.
Indikator
- Kognitif :
2.5.1
Menyebutkan kegunaan-kegunaan uang
2.5.2
Menyebutkan
beberapa mata uang negara asing
2.
Afektif
2.5.2 Menunjukkan sikap bertanggungjawab
dalam menggunakan uang
3.
Psikomotor
2.5.3
Memperagakan kegunaan uang sebagai alat pembayaran
D.
Tujuan pembelajaran:
1.
Kognitif
2.5.1.1 Siswa mampu menyebutkan kegunaan-kegunaan uang melalui kuis dengan benar
2.5.2.1 Siswa mampu menyebutkan beberapa mata uang
negara asing melalui kuis dengan tepat
2.
Afektif
2.5.2.1
Siswa mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
menggunakan uang melalui kegiatan menyusun daftar belanja dengan baik.
3.
Psikomotor
2.5.3.1
Siswa mampu memperagakan kegunaan uang sebagai alat
pembayaran dalam kegiatan memenuhi kebtuhan sehari – hari.
E.
Materi Pembelajaran
·
Kegunaan uang:
-
Uang sebagai alat tukar
-
Uang sebagai alat pembayaran
-
Uang sebagai alat penunjuk harga
-
Uang sebagai alat menyimpan/menabung
F.
Pendekatan, model dan metode pembelajaran :
1.
Pendekatan :
Student Center Learning
2.
Model :
Teams Games Tournament (TGT)
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, simulasi
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
1. Kegiatan Awal
-
Guru memberi salam kepada siswa. Siswa
menjawab salam dari guru.
-
Guru
mengabsen siswa yang tidak masuk.
-
Guru mengajak siswa untuk berdoa bersama.
a.
Apersepsi
-
Siswa ditunjukkan uang untuk memancing
pengetahuan siswa mengenai uang.
b. Motivasi
-
Siswa menonton video klip lagu berjudul “Aku Cinta
Rupiah”
-
Guru membahas video klip bersama siswa
c.
Orientasi
-
Guru
menyampaikan pembelajaran yang akan disampaikan
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
-
Guru memberikan topik bahasan tentang kegunaan
uang dan beberapa mata uang dari
negara asing
-
Guru
melakukan tanya jawab singkat mengenai materi yang baru saja dijelaskan
-
Siswa dibagi ke dalam 4 kelompok
-
Guru mengkondisikan siswa untuk siap bermain
kuis cepat tepat
-
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
tentang cara bermain kuis cepat tepat
-
Guru memimpin jalannya kuis cepat tepat di
depan kelas
-
Masing – masing kelompok diberi uang mainan sesuai dengan peringkat setelah bermain kuis
cepat tepat
-
Guru menunjukkan gambar barang – barang
kebutuhan sehari – hari dan
membagikan daftar harganya kepada siswa
-
Siswa diminta untuk membuat daftar kebutuhan
sehari – hari yang hendak dibeli
untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan dari daftar barang tersebut
-
Siswa membeli kebutuhan sehari – hari yang
telah didaftar di dalam kelompok menggunakan uang yang mereka dapat dari
hasil bermain kuis cepat tepat
-
Guru membahas hasil permainan
3. Penutup
a. Merangkum
- Guru bersama
siswa merangkum pembelajaran yang telah dilakukan.
b.
Evaluasi
-
Guru memberikan soal evaluasi
c. Refleksi
- Guru
bertanya pada siswa “bagaimana perasaanmu setelah mengikuti pembelajaran hari
ini ?”, “Mengapa?”
- Siswa
menjawab pertanyaan guru.
- Meneknankan
pentingnya hidup hemat adn
bijaksana dalam menggunakan uang kepada siswa
d. Tindak
lanjut
- siswa diminta untuk membuat rencana
pengeluarannya dalam satu
minggu yang akan datang
|
10 menit
50 menit
10 menit
|
H.
Alat / Bahan, media dan sumber belajar
1.
Alat/bahan :
LCD
2.
Media :
uang mainan, gambar kebutuhan, daftar harga kebutuhan,
video klip lagu ”Aku Cinta Rupiah”
3.
Sumber belajar :
BSE IPS kelas III
Widianti, Wida dan Ratih Hurriyati. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial : Untuk Sekolah
Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
I.
Penilaian
1.
Penilaian Kognitif
Kriteria
|
Skor
|
Siswa mampu menyebutkan empat kegunaan
uang yaitu uang sebagai alat tukar, alat pembayaran, alat penunjuk harga, dan
alat menabung
|
4
|
Siswa mampu menyebutkan tiga kegunaan
uang yaitu uang sebagai alat tukar, alat pembayaran, dan alat penunjuk harga
|
3
|
Siswa menyebutkan dua kegunaan uang yaitu
uang sebagai alat tukar dan alat pembayaran
|
2
|
Siswa hanya mampu menyebutkan satu
kegunaan uang
|
1
|
2.
Penilaian Afektif
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Sangat
Terlihat
|
Terlihat
|
Cukup terlihat
|
Tidak terlihat
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Siswa membuat daftar belanja sesuai dengan
kebutuhannya
|
|
|
|
|
2
|
Siswa membuat daftar belanja sesuai
dengan jumlah uang yang dimiliki
|
|
|
|
|
3.
Penilaian Psikomotor
Kriteria
|
Skor
|
Siswa berperan aktif dalam permainan di
dalam kelas
|
3
|
Siswa kurang aktif dalam permainan di
dalam kelas
|
2
|
Siswa tidak terlibat dan bersikap acuh
tak acuh terhadap permainan di kelas
|
1
|
Lampiran materi





mahasiswa ut dilarang nyontek
BalasHapus